SEKILAS INFO
latest

31 Okt 2017

Mempelajari Sistem Drainase Perkotaan

Mempelajari Sistem Drainase Perkotaan
Sistem Drainase Perkotaan
Mempelajari sistem drainase perkotaan - Seperti yang kita tahu drainase merupakan unsur penting yang erat hubungannya dengan lingkungan tempat tinggal manusia. Tanpa adanya drainase yang baik akan menciptakan lingkungan yang buruk dan akan menimbulkan berbagai masalah mulai dari kesehatan, sosial dan ekonomi.

Pengertian Drainase Perkotaan

Drainase perkotaan adalah sistem drainase dalam wilayah administrasi kota dan daerah perkotaan (urban) yang berfungsi untuk mengendalikan atau mengeringkan kelebihan air permukaan di daerah permukiman yang berasal dari hujan lokal, sehingga tidak mengganggu masyarakat dan dapat memberikan manfaat bagi kehidupan hidup manusia.

5 Fungsi utama drainase antara lain :

a) Mengeringkan bagian wilayah kota dari genangan sehigga tidak menimbulkan dampak negatif seperti dampak kesehatan, sosial dan ekonomi wilayah tersebut.
b) Mengalirkan air permukaan ke badan air penerima terdekat secepatnya.
c) Mengendalikan kelebihan air permukaan yang dapat dimanfaatkan untuk persediaan air dan kehidupan akuatik.
d) Meresapkan air pemukaan untuk menjaga kelestarian air tanah (konservasi air)
e)Melindungi prasarana dan sarana yang sudah terbangun.

Drainase Berwawasan Lingkungan

Sistem drainase yang diterapkan zaman sekarang sudah banyak mengusung konsep drainase berwawasan lingkungan dimana sekarang air permukaan ditangani dengan cara ditampung (detensi) dan dengan cara diresapkan (retensi). Cara ini mampu mengurangi beban yang diterima oleh badan air penerima (outlet saluran, sungai, danau, laut) sehingga tidak ada lagi istilah "memindahkan banjir" seperti beberapa kasus yang pernah terjadi ketika daerah hulu sudah terbebas dari banjir akan timbul masalah baru di daerah hilir karena beban yang diterima dari hulu begitu besar tanpa melalui tampungan atau resapan.

Permasalahan Drainase Perkotaan

Bagi teman - teman yang tinggal di wilayah perkotaan pasti sudah menjadi hal biasa mengalami banjir yang setiap tahunnya melanda perkotaan. Penyebabnya klasik dari dulu sampai sekarang contohnya seperti :

1. Kapasitas saluran/ sungai yang tidak mampu menampung debit banjir yang terjadi
Dari dulu sampai sekarang entah kenapa drainase seperti dianggap remeh hanya pekerjaan ecek - ecek padahal kalau drainase tidak berjalan dengan baik akan mempengaruhi semua komponen bangunan. Bahkan mampu menghilangkan value dari bangunan di wilayah tersebut.


Permasalahan Drainase Perkotaan
Kapasitas saluran tidak mampu menampung debit | Dok Pribadi

2. Banyaknya sedimen/ sampah menumpuk di saluran/ sungai
Sampah dan sedimen jadi masalah yang tidak kunjung selesai juga karena memang untuk pemeliharaannya sendiri membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Walaupun pemerintah setempat memiliki dana untuk pemeliharaan itupun tidak bisa menjangkau semuanya.

sampah menumpuk di saluran/ sungai
Banyaknya sampah/ sedimen di saluran | Dok pribadi
3. Belum adanya saluran di kanan - kiri jalan
Ini juga menyangkut masalah tanggung jawab antara instansi terkait yang masih belum terstruktur dengan baik atau masih abu - abu. Pembangunan jalan kebanyakan tidak termasuk pembuatan drainase di sisi kanan - kiri jalan juga sehingga air limpasan jalan melimpas begitu saja ke berm jalan dan menggenang.

Belum adanya saluran di kanan - kiri jalan
Belum ada saluran di kanan kiri jalan | Dok pribadi
4. Belum adanya drain inlet
Pembuatan trotoar jika dibawahnya ada saluran drainase tertutup maka wajib dibuatkan drain inlet yang berfungsi untuk mengalirkan air dari limpasan jalan ke saluran di bawah trotoar.

Belum adanya drain inlet
Belum memiliki drain inlet | Dok Pribadi
Dan tentunya masih banyak lagi permasalahannya kalau melihat kebelakang akar masalah banjir yang disebabkan oleh manusia itu sendiri seperti pertambahan jumlah penduduk (urbanisasi), lahan yang sudah beralih fungsi menjadi bangunan, lahan hijau yang berkurang, kurangnya kesadaran penduduk terhadap pentingnya drainase, pelaksanaan hukum yang belum konsisten di negara kita terhadap pelanggaran mengenai lingkungan.

Mari kita jaga dan peliharan lingkungan sekitar kita agar terbebas dari musibah banjir. Dimulai dari diri kita. Oke!


Sumber referensi :
  • Buku Sistem Drainase Perkotaan - Dr. Ir Suripin, M.Eng
  • Kementrian Pekerjaan Umum Dirjen Cipta Karya 

18 Okt 2017

Sekilas Tentang Apa itu Teknik Sipil

Pengertian Teknik Sipil
Tentang Teknik Sipil
Sekilas tentang apa itu Teknik Sipil - Teman – teman disini mungkin sudah banyak mengenai teknik sipil dan apa yang mereka kerjakan. Sebagian besar kegiatan teknik sipil itu berhubungan dengan proyek konstruksi dan pembangunan.


Menurut Wikipedia

Teknik sipil itu adalah salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia.

Teknik sipil mempunyai ruang lingkup yang luas, di dalamnya pengetahuan matematika, fisika, kimia, biologi, geologi, lingkungan hingga komputer yang mempunyai peranannya masing-masing. Teknik sipil dikembangkan sejalan dengan tingkat kebutuhan manusia dan pergerakannya, hingga bisa dikatakan ilmu teknik sipil ini bisa merubah sebuah hutan menjadi kota besar.

Teknik sipil mempunyai beberapa cabang ilmu yang dibagi sesuai dengan job desc-nya masing – masing dari setiap cabangnya antara lain :

Struktur : Cabang yang mempelajari masalah struktural dari materi yang digunakan untuk pembangunan. Sebuah bentuk bangunan mungkin dibuat dari beberapa pilihan jenis material seperti baja, beton, kayu, kaca atau bahan lainnya. Setiap bahan tersebut mempunyai karakteristik masing-masing.

Ilmu bidang struktural mempelajari sifat-sifat material itu sehingga pada akhirnya dapat dipilih material mana yang cocok untuk jenis bangunan tersebut. Dalam bidang ini dipelajari lebih mendalam hal yang berkaitan dengan perencanaan struktur bangunan, jalan, jembatan, terowongan dari pembangunan pondasi hingga bangunan siap digunakan.

Geoteknik : Cabang yang mempelajari struktur dan sifat berbagai macam tanah dalam menopang suatu bangunan yang akan berdiri di atasnya. Cakupannya dapat berupa investigasi lapangan yang merupakan penyelidikan keadaan-keadaan tanah suatu daerah dan diperkuat dengan penyelidikan laboratorium.

Manajemen Konstruksi
: Cabang yang mempelajari masalah dalam proyek konstruksi yang berkaitan dengan ekonomi, penjadwalan pekerjaan, pengembalian modal, biaya proyek, semua hal yang berkaitan dengan hukum dan perizinan bangunan hingga pengorganisasian pekerjaan di lapangan sehingga diharapkan bangunan tersebut selesai tepat waktu.

Hidroteknik : Cabang yang mempelajari air dan lingkungan alam, pengendalian dan permasalahannya. Mencakup bidang ini antara lain cabang ilmu hidrologi air (berkenaan dengan cuaca, curah hujan, debit air sebuah sungai dsb), hidrolika (sifat material air, tekanan air, gaya dorong air dsb) dan bangunan air seperti pelabuhan, dam, irigasi, waduk/bendungan, kanal hingga teknik penyehatan.

Transportasi : Cabang yang mempelajari mengenai sistem transportasi dalam perencanaan dan pelaksanaannya. Mencakup bidang ini antara lain konstruksi dan pengaturan jalan raya, konstruksi bandar udara, terminal, stasiun dan manajemennya.

Keluasan cabang dari teknik sipil ini membuatnya sangat fleksibel di dalam dunia kerja. Profesi yang didapat dari seorang ahli bidang ini antara lain: perancangan/ pelaksana pembangunan/ pemeliharaan prasarana jalan, jembatan, terowongan, gedung, bandar udara, lalu lintas (darat, laut, udara), sistem jaringan kanal, drainase, irigasi, perumahan, gedung, minimalisasi kerugian gempa, perlindungan lingkungan, penyediaan air bersih, konsep finansial dari proyek, manajemen projek dsb. Semua aspek kehidupan tercangkup dalam muatan ilmu teknik sipil.



Civil Columbia

Teknik sipil bisa dibilang disiplin ilmu rekayasa yang paling tua. Teknik sipil erat hubungannya dengan lingkungan dimana suatu lingkungan yang dibangun mencakup banyak hal namun di era modern seperti ini yang pertama kalinya timbul di benak orang – orang bahwa teknik sipil itu pekerjaannya berhubungan dengan konstruksi bangunan gedung dan jembatan.

Teknik sipil adalah profesi yang menarik karena pada akhir nanti kita dapat melihat hasil dari pekerjaan kita sebagai seorang insinyur , seperti sebuah jembatan yang selesai, sebuah bangunan bertingkat tinggi, stasiun bawah tanah, atau bendungan. Melihat semua itu berdiri kokoh dan berguna bagi lingkungan sekitar tentunya memberikan rasa bangga karena telah mendedikasikan hidup kita bagi orang banyak.



Livescience

Teknik sipil adalah desain dan konstruksi pekerjaan umum seperti bendungan, jembatan dan proyek-proyek infrastruktur besar lainnya. Seorang Insinyur Sipil mengerjakan pembangunan dinding, jalan, jembatan, bendungan dan tanggul, mereka juga menggali sumur, irigasi dan parit.

Proyek-proyek kuno teknik sipil pada zaman dahulu contohnya Jalan Kekaisaran Romawi, Great Wall of China, reruntuhan rumah Tebing di Mesa Verde dan Maya di Tikal, Palenque, dan Copan. Banyak peradaban awal dibangun Monumen penguasa atau dewa-dewa mereka.



Akhirnya...

Teknik sipil sendiri sebenarnya adalah apa yang telah membuat kehidupan manusia sekarang menjadi lebih baik karena berkat teknologi dan ilmu teknik sipil juga saat ini kita bisa menikmati semua fasilitas yang ada saat ini.


Ketika menyalakan kran air dan keluarlah air bersih untuk mandi dan minum


Berkendara menggunakan mobil atau motor yang melaju di atas jalan raya yang berlapis aspal atau beton


Dengan mudahnya melewati sungai dengan cara menyebrang melalui jembatan


Mengatasi kemacetan dengan adanya sinkronisasi lampu lalu lintas


Terlindung dari panas, hujan, gempa karena kuatnya struktur rumah hunian dan masih banyak lagi

Itulah pengertian dan kehebatan anak teknik sipil yang bisa sedikit memberikan pencerahan kepada teman - teman sekalian tentang apa itu teknik sipil. #SalamTeknik



Feature Image : sa.ubt-uni.net

15 Okt 2017

7 Alasan Kenapa Masih Banyak Kaum Hawa Memilih Kuliah Jurusan Teknik Sipil

Memilih Kuliah Jurusan Teknik Sipil

7 Alasan Kenapa Masih Banyak Kaum Hawa Memilih Kuliah Jurusan Teknik Sipil - Banyak orang heran dengan cewek - cewek yang memutuskan melanjutkan pendidikan kuliahnya dengan memilih jurusan yang bisa dibilang jurusan dengan mayoritas isinya dihuni oleh para cowok. Seperti yang kita ketahui kebanyakan kaum hawa biasanya identik dengan jurusan seperti arsitektur, ekonomi, akuntansi, marketing komunikasi (markom), manajemen, psikologi, bidan atau perawat.

Apalagi jurusan diatas adalah jurusan yang paling menjanjikan bagi cewek, namun kenapa masih ada aja cewek (terpleset) memilih jurusan Teknik Sipil? kesasar kah? salah jurusan kah? pasti penasaran kan? Yuk kita simak yang sudah kita ringkas hasil dari wawancara di kampus - kampus.

1. Melanjutkan Jurusan yang Sebelumnya Pernah Diambil di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Mereka bilang sewaktu duduk di bangku SMK pernah mengambil jurusan Arsitektur atau Gambar Bangunan sehingga memutuskan untuk meneruskannya ke Teknik Sipil.

Lho kok malah ke jurusan Teknik Sipil bukan ke jurusan Arsitektur lagi?

Katanya sih kalau menggambar bangunan rumah, gedung, jembatan dll udah fasih (Anak SMK gitu lho!) jadi tinggal memperkuat kemampuan di bidang analisisnya dan yang sesuai adalah jurusan Teknik Sipil.

2. Dikira Jurusan untuk Masuk Jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), Pegawai Kecamatan dan Pegawai Kelurahan

Lucu memang saat memikirkan alasan ini walaupun memang enggak salah dan enggak bener juga sih. Semua jurusan memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi PNS, pegawai kecamatan hingga pegawai kelurahan tapi harus sesuai dengan prosedur yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

Teknik Sipil = Pegawai Negeri Sipil, sama - sama ada "Sipil" didalamnya. Sakarepmu wes!

3. Jurusan yang Paling Irit Modal Kuliah

Jurusan Arsitektur paling tidak setiap kegiatan kuliahnya membutuhkan modal ratusan ribu untuk membeli alat gambar beserta perlengkapannya belum lagi kalau suruh bikin karya seperti maket rumah atau miniatur sebuah bangunan. Estimasi biaya mencapai ratusan ribu setiap membuat tugas seperti ini, nah kalau tugasnya tiap minggu? tinggal dikalikan aja :)

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) dimana kita bisa mempelajari desain, ilustrasi, fotografi, animasi, desain web, media interaktif, hingga dasar-dasar sinematografi. Sudah pada tahu kan apa saja yang diperlukan? sebut saja kamera DSLR, pen tablet, scanner dan perlengkapan lainnya yang bia menyentuh harga hingga jutaan.

Nah kalau Jurusan Teknik Sipil? Cukup modal kalkulator scientific yang bisa dibeli dengan harga mulai dari seratus ribuan dan selalu dipakai untuk mengerjakan tugas dan soal ujian mulai dari semester awal hingga semester akhir lho!.

4. Melanjutkan Bisnis Keluarga

Masih banyak juga yang sengaja mengambil jurusan ini karena untuk melanjutkan tangga bisnis keluarga khususnya yang bergerak di bidang konstruksi dan perencanaan teknik sipil. Mematangkan sisi engineering-nya supaya dengan mudah menjalankan roda perusahaan nantinya.

5. Prospek Kerja Bagus

Memang benar kalau lulusan teknik sipil saat ini banyak dicari perusahaan - perusahaan bonafit yang bergerak di bidang jasa konstruksi dan pertambangan. Banyak juga proyek - proyek swasta maupun pemerintah banyak membutuhkan jasa konsultan dan kontraktor untuk membangun negeri ini.

Mau kerja ikut perusahaan swasta, Bisa!

Mau kerja ikut perusahaan BUMN, Bisa!

Mau jadi PNS di berbagai formasi, Bisa!

Mau bikin usaha sendiri PT atau CV, Bisa!

6. Biar Anti Mainstream

Salah satu cewek yang pernah tim Infosipil wawancara mengungkapkan alasan dia masuk teknik sipil adalah "biar anti mainstream" dan merubah pandangan masyarakat yang berpikiran kalau teknik sipil beserta pekerjaannya hanya bisa diisi oleh para cowok saja. Dia ingin membuktikan kalau cewek juga bisa bekerja di lapangan (outdoor) seperti yang para cowok kerjakan.

7. Passion-nya Disitu

Kalau memang sudah minat dan passion-nya di dunia konstruksi apalagi sudah candu banget sama yang namannya perhitungan matematika beserta analisisnya bisa dipastikan cocok masuk jurusan teknik sipil.

Senang melihat gedung - gedung tinggi berdiri kokoh di perkotaan.

Senang melihat rumah -rumah hunian bisa dijadikan tempat berlindung dari panas dan hujan.

Senang melihat jembatan sebagai penyambung kegiatan sosial ekonomi masyarakat.

Melihat inovasi bangunan dengan bentuk unik mampu direalisasikan di dunia nyata.

Melihat suatu kawasan terhindar dari bencana banjir dan longsor.

Melihat jaringan utilitas tersusun rapih dan berfungsi dengan baik.

Merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi kami anak teknik sipil.

Bagi teman - teman yang sedang kuliah jurusan teknik sipil apapun alasan kalian masuk jurusan ini tetaplah semangat dan terus memberikan yang terbaik bagi negeri ini. #SalamTeknik


Feature Image : i.pinimg.com