Berita Hangat
latest

15 Okt 2017

7 Alasan Kenapa Masih Banyak Kaum Hawa Memilih Kuliah Jurusan Teknik Sipil

Memilih Kuliah Jurusan Teknik Sipil

7 Alasan Kenapa Masih Banyak Kaum Hawa Memilih Kuliah Jurusan Teknik Sipil - Banyak orang heran dengan cewek - cewek yang memutuskan melanjutkan pendidikan kuliahnya dengan memilih jurusan yang bisa dibilang jurusan dengan mayoritas isinya dihuni oleh para cowok. Seperti yang kita ketahui kebanyakan kaum hawa biasanya identik dengan jurusan seperti arsitektur, ekonomi, akuntansi, marketing komunikasi (markom), manajemen, psikologi, bidan atau perawat.

Apalagi jurusan diatas adalah jurusan yang paling menjanjikan bagi cewek, namun kenapa masih ada aja cewek (terpleset) memilih jurusan Teknik Sipil? kesasar kah? salah jurusan kah? pasti penasaran kan? Yuk kita simak yang sudah kita ringkas hasil dari wawancara di kampus - kampus.

1. Melanjutkan Jurusan yang Sebelumnya Pernah Diambil di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Mereka bilang sewaktu duduk di bangku SMK pernah mengambil jurusan Arsitektur atau Gambar Bangunan sehingga memutuskan untuk meneruskannya ke Teknik Sipil.

Lho kok malah ke jurusan Teknik Sipil bukan ke jurusan Arsitektur lagi?

Katanya sih kalau menggambar bangunan rumah, gedung, jembatan dll udah fasih (Anak SMK gitu lho!) jadi tinggal memperkuat kemampuan di bidang analisisnya dan yang sesuai adalah jurusan Teknik Sipil.

2. Dikira Jurusan untuk Masuk Jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), Pegawai Kecamatan dan Pegawai Kelurahan

Lucu memang saat memikirkan alasan ini walaupun memang enggak salah dan enggak bener juga sih. Semua jurusan memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi PNS, pegawai kecamatan hingga pegawai kelurahan tapi harus sesuai dengan prosedur yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

Teknik Sipil = Pegawai Negeri Sipil, sama - sama ada "Sipil" didalamnya. Sakarepmu wes!

3. Jurusan yang Paling Irit Modal Kuliah

Jurusan Arsitektur paling tidak setiap kegiatan kuliahnya membutuhkan modal ratusan ribu untuk membeli alat gambar beserta perlengkapannya belum lagi kalau suruh bikin karya seperti maket rumah atau miniatur sebuah bangunan. Estimasi biaya mencapai ratusan ribu setiap membuat tugas seperti ini, nah kalau tugasnya tiap minggu? tinggal dikalikan aja :)

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) dimana kita bisa mempelajari desain, ilustrasi, fotografi, animasi, desain web, media interaktif, hingga dasar-dasar sinematografi. Sudah pada tahu kan apa saja yang diperlukan? sebut saja kamera DSLR, pen tablet, scanner dan perlengkapan lainnya yang bia menyentuh harga hingga jutaan.

Nah kalau Jurusan Teknik Sipil? Cukup modal kalkulator scientific yang bisa dibeli dengan harga mulai dari seratus ribuan dan selalu dipakai untuk mengerjakan tugas dan soal ujian mulai dari semester awal hingga semester akhir lho!.

4. Melanjutkan Bisnis Keluarga

Masih banyak juga yang sengaja mengambil jurusan ini karena untuk melanjutkan tangga bisnis keluarga khususnya yang bergerak di bidang konstruksi dan perencanaan teknik sipil. Mematangkan sisi engineering-nya supaya dengan mudah menjalankan roda perusahaan nantinya.

5. Prospek Kerja Bagus

Memang benar kalau lulusan teknik sipil saat ini banyak dicari perusahaan - perusahaan bonafit yang bergerak di bidang jasa konstruksi dan pertambangan. Banyak juga proyek - proyek swasta maupun pemerintah banyak membutuhkan jasa konsultan dan kontraktor untuk membangun negeri ini.

Mau kerja ikut perusahaan swasta, Bisa!

Mau kerja ikut perusahaan BUMN, Bisa!

Mau jadi PNS di berbagai formasi, Bisa!

Mau bikin usaha sendiri PT atau CV, Bisa!

6. Biar Anti Mainstream

Salah satu cewek yang pernah tim Infosipil wawancara mengungkapkan alasan dia masuk teknik sipil adalah "biar anti mainstream" dan merubah pandangan masyarakat yang berpikiran kalau teknik sipil beserta pekerjaannya hanya bisa diisi oleh para cowok saja. Dia ingin membuktikan kalau cewek juga bisa bekerja di lapangan (outdoor) seperti yang para cowok kerjakan.

7. Passion-nya Disitu

Kalau memang sudah minat dan passion-nya di dunia konstruksi apalagi sudah candu banget sama yang namannya perhitungan matematika beserta analisisnya bisa dipastikan cocok masuk jurusan teknik sipil.

Senang melihat gedung - gedung tinggi berdiri kokoh di perkotaan.

Senang melihat rumah -rumah hunian bisa dijadikan tempat berlindung dari panas dan hujan.

Senang melihat jembatan sebagai penyambung kegiatan sosial ekonomi masyarakat.

Melihat inovasi bangunan dengan bentuk unik mampu direalisasikan di dunia nyata.

Melihat suatu kawasan terhindar dari bencana banjir dan longsor.

Melihat jaringan utilitas tersusun rapih dan berfungsi dengan baik.

Merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi kami anak teknik sipil.

Bagi teman - teman yang sedang kuliah jurusan teknik sipil apapun alasan kalian masuk jurusan ini tetaplah semangat dan terus memberikan yang terbaik bagi negeri ini. #SalamTeknik


Sumber gambar utama : i.pinimg.com
« PREV