SEKILAS INFO
latest

18 Okt 2017

Sekilas Tentang Apa itu Teknik Sipil

Pengertian Teknik Sipil
Tentang Teknik Sipil
Sekilas tentang apa itu Teknik Sipil - Teman – teman disini mungkin sudah banyak mengenai teknik sipil dan apa yang mereka kerjakan. Sebagian besar kegiatan teknik sipil itu berhubungan dengan proyek konstruksi dan pembangunan.


Menurut Wikipedia

Teknik sipil itu adalah salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia.

Teknik sipil mempunyai ruang lingkup yang luas, di dalamnya pengetahuan matematika, fisika, kimia, biologi, geologi, lingkungan hingga komputer yang mempunyai peranannya masing-masing. Teknik sipil dikembangkan sejalan dengan tingkat kebutuhan manusia dan pergerakannya, hingga bisa dikatakan ilmu teknik sipil ini bisa merubah sebuah hutan menjadi kota besar.

Teknik sipil mempunyai beberapa cabang ilmu yang dibagi sesuai dengan job desc-nya masing – masing dari setiap cabangnya antara lain :

Struktur : Cabang yang mempelajari masalah struktural dari materi yang digunakan untuk pembangunan. Sebuah bentuk bangunan mungkin dibuat dari beberapa pilihan jenis material seperti baja, beton, kayu, kaca atau bahan lainnya. Setiap bahan tersebut mempunyai karakteristik masing-masing.

Ilmu bidang struktural mempelajari sifat-sifat material itu sehingga pada akhirnya dapat dipilih material mana yang cocok untuk jenis bangunan tersebut. Dalam bidang ini dipelajari lebih mendalam hal yang berkaitan dengan perencanaan struktur bangunan, jalan, jembatan, terowongan dari pembangunan pondasi hingga bangunan siap digunakan.

Geoteknik : Cabang yang mempelajari struktur dan sifat berbagai macam tanah dalam menopang suatu bangunan yang akan berdiri di atasnya. Cakupannya dapat berupa investigasi lapangan yang merupakan penyelidikan keadaan-keadaan tanah suatu daerah dan diperkuat dengan penyelidikan laboratorium.

Manajemen Konstruksi
: Cabang yang mempelajari masalah dalam proyek konstruksi yang berkaitan dengan ekonomi, penjadwalan pekerjaan, pengembalian modal, biaya proyek, semua hal yang berkaitan dengan hukum dan perizinan bangunan hingga pengorganisasian pekerjaan di lapangan sehingga diharapkan bangunan tersebut selesai tepat waktu.

Hidroteknik : Cabang yang mempelajari air dan lingkungan alam, pengendalian dan permasalahannya. Mencakup bidang ini antara lain cabang ilmu hidrologi air (berkenaan dengan cuaca, curah hujan, debit air sebuah sungai dsb), hidrolika (sifat material air, tekanan air, gaya dorong air dsb) dan bangunan air seperti pelabuhan, dam, irigasi, waduk/bendungan, kanal hingga teknik penyehatan.

Transportasi : Cabang yang mempelajari mengenai sistem transportasi dalam perencanaan dan pelaksanaannya. Mencakup bidang ini antara lain konstruksi dan pengaturan jalan raya, konstruksi bandar udara, terminal, stasiun dan manajemennya.

Keluasan cabang dari teknik sipil ini membuatnya sangat fleksibel di dalam dunia kerja. Profesi yang didapat dari seorang ahli bidang ini antara lain: perancangan/ pelaksana pembangunan/ pemeliharaan prasarana jalan, jembatan, terowongan, gedung, bandar udara, lalu lintas (darat, laut, udara), sistem jaringan kanal, drainase, irigasi, perumahan, gedung, minimalisasi kerugian gempa, perlindungan lingkungan, penyediaan air bersih, konsep finansial dari proyek, manajemen projek dsb. Semua aspek kehidupan tercangkup dalam muatan ilmu teknik sipil.



Civil Columbia

Teknik sipil bisa dibilang disiplin ilmu rekayasa yang paling tua. Teknik sipil erat hubungannya dengan lingkungan dimana suatu lingkungan yang dibangun mencakup banyak hal namun di era modern seperti ini yang pertama kalinya timbul di benak orang – orang bahwa teknik sipil itu pekerjaannya berhubungan dengan konstruksi bangunan gedung dan jembatan.

Teknik sipil adalah profesi yang menarik karena pada akhir nanti kita dapat melihat hasil dari pekerjaan kita sebagai seorang insinyur , seperti sebuah jembatan yang selesai, sebuah bangunan bertingkat tinggi, stasiun bawah tanah, atau bendungan. Melihat semua itu berdiri kokoh dan berguna bagi lingkungan sekitar tentunya memberikan rasa bangga karena telah mendedikasikan hidup kita bagi orang banyak.



Livescience

Teknik sipil adalah desain dan konstruksi pekerjaan umum seperti bendungan, jembatan dan proyek-proyek infrastruktur besar lainnya. Seorang Insinyur Sipil mengerjakan pembangunan dinding, jalan, jembatan, bendungan dan tanggul, mereka juga menggali sumur, irigasi dan parit.

Proyek-proyek kuno teknik sipil pada zaman dahulu contohnya Jalan Kekaisaran Romawi, Great Wall of China, reruntuhan rumah Tebing di Mesa Verde dan Maya di Tikal, Palenque, dan Copan. Banyak peradaban awal dibangun Monumen penguasa atau dewa-dewa mereka.



Akhirnya...

Teknik sipil sendiri sebenarnya adalah apa yang telah membuat kehidupan manusia sekarang menjadi lebih baik karena berkat teknologi dan ilmu teknik sipil juga saat ini kita bisa menikmati semua fasilitas yang ada saat ini.


Ketika menyalakan kran air dan keluarlah air bersih untuk mandi dan minum


Berkendara menggunakan mobil atau motor yang melaju di atas jalan raya yang berlapis aspal atau beton


Dengan mudahnya melewati sungai dengan cara menyebrang melalui jembatan


Mengatasi kemacetan dengan adanya sinkronisasi lampu lalu lintas


Terlindung dari panas, hujan, gempa karena kuatnya struktur rumah hunian dan masih banyak lagi

Itulah pengertian dan kehebatan anak teknik sipil yang bisa sedikit memberikan pencerahan kepada teman - teman sekalian tentang apa itu teknik sipil. #SalamTeknik



Feature Image : sa.ubt-uni.net
« PREV
NEXT »

Tidak ada komentar