What's Hot
latest

29 Nov 2018

7 Cara Jitu Agar Cepat Lulus Kuliah di Jurusan Teknik Sipil

tips cepat lulus kuliah teknik
Sebagian besar mahasiswa Teknik Sipil ada yang mengeluhkan tentang susahnya lulus di jurusan ini. Ya, kuliah di Teknik memang keras dan perlu perjuangan ekstra. Maka tidak usah heran, jika saat hendak lulus pun harus melalui serangkaian proses yang melelahkan.

Tapi bukan berarti kalau sudah masuk, tidak bisa lulus dengan cepat. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar mahasiswa Teknik bisa lulus dengan cepat atau sesuai standar waktu yang ditentukan. Cekidot 7 cara jitunya supaya kamu cepat lulus kuliah dan cepat meminang si dia :)

1. Konsep Berhitung yang Matang

Fakultas Teknik termasuk dalam fakultas ilmu eksakta, jadi sudah pasti tidak jauh dengan hal hitung-hitungan angka. Ini salah satu syarat penting jika kamu mau lulus dengan cepat, tidak hanya harus suka tapi juga mahir dan jago menghitung.

Dari pengalaman, mahasiswa yang lemah dalam hitung-menghitung otomatis akan merasa kesulitan dalam menghadapi berbagai tugas kuliah yang memerlukan kemahiran menghitung dan menerapkan angka ke dalam rumus, meski sebagian perhitungan nanti ada yang boleh menggunakan alat bantu seperti excel, namun perlu juga memahami perhitungan secara manual.

2. Rajin Masuk Kuliah

Ada yang bilang bahwa “orang pintar kalah dengan orang yang rajin”, mungkin ini ada benarnya. Saat jadi mahasiswa Teknik, kamu dituntut untuk rajin jika ingin cepat lulus. Rajin dalam belajar, mengikuti perkuliahan, mengerjakan tugas, mengumpulkan bahan kuliah sampai rajin konsultasi dengan dosen saat Tugas Akhir atau penyusunan skripsi. Percayalah, mau sepintar apapun kamu, jika malas-malasan, ini bisa menyebabkan kamu terlambat lulus.

3. Banyak Bertanya dan Berdiskusi

Seorang mahasiswa tidak hanya harus mengerti tentang apa saja yang sudah ia pelajari, tetapi juga dituntut untuk berpengetahuan luas. Oleh karena itu, hendaknya selalu meng-upgrade pengetahuan dan wawasan dengan banyak bertanya dan berdiskusi kepada orang yang lebih tahu, bisa teman, dosen, kakak senior dan lainnya.

4. Aktif Kuliah dan Mencatat

Hal-hal yang penting terkadang rasa malas melanda sehingga muncul keinginan meliburkan diri sendiri saat ada jadwal kuliah. Biasanya, dulu saya sering merasa malas hadir pada jam-jam kuliah siang terlebih jika saat jam tidur sore. Urusan mencatat pun di saya serahkan sama yang duduk di depan karena saking malasnya (jangan ditiru).

Melihat kasur dan bantal rasanya lebih menggoda ketimbang harus duduk mendengarkan penjelasan dosen. Tapi, mau bagaimana lagi, rasa malas sudah seharusnya dilawan jika cita-cita cepat lulus kuliah bisa tercapai. So, hilangkan rasa malas kuliah!

5. Selesaikan Tugas Tepat Waktu

Kebiasaan buruk yang banyak dilakukan oleh mahasiswa Teknik adalah sering menunda-nunda mengerjakan tugas, alhasil tugas yang tadinya sedikit jadi menumpuk. Kalo sudah begini, pasti ujung-ujungnya malas mengerjakan.

Parahnya lagi, pas sudah mepet waktunya atau hampir dekat hari pengumpulan tugas, baru dikerjakan. Ya… masih untung jika sempat mengerjakan dan hasilnya bagus, bagaimana kalo tidak selesai? Wah, nilai mata kuliah jadi terancam anjlok! Saran saya, segera kerjakan jika ada tugas, meskipun waktu nya panjang namun tidak ada salahnya untuk segera diselesaikan.

Kamu jadi punya banyak waktu untuk mengerjakan tugas dengan baik tanpa tergesa-gesa. Hindari untuk menerapkan Sistem Kebut Semalam (SKS).

6. Kuasai Software yang Sering Dipakai

Ada beberapa software yang dipakai untuk menunjang pengerjaan tugas, software ini biasanya sangat dibutuhkan saat bekerja nanti, khususnya jika bekerja sesuai bidang. Pelajari dan kuasai dengan baik cara penggunaan software karena bisa jadi, ini juga dipakai saat kamu mengerjakan Tugas Akhir.

Jika masih belum terlalu mahir, kamu bisa minta bantuan teman atau kakak senior untuk mengajari kamu sampai bisa. Siapa tahu, dengan keahlian kamu menggunakan software, bisa jadi cara mendapatkan pekerjaan sampingan. Why not?!

7. Ikuti Arahan Dosen

Tahap pengerjaan tugas akhir memang paling berat bagi seorang mahasiswa Teknik karena disini, akan banyak hal yang harus dipelajari dan dilalui. Mulai dari menentukan tema atau judul skripsi yang ingin diambil, penelitian, penyusunan skripsi, perbaikan atau revisi hingga sidang.

Pada tahap ini, perlu banyak melakukan konsultasi dengan dosen agar mahasiswa bisa dengan mudah dan terbantu dalam pengerjaan skripsi. Biasanya, jika ada kekurangan atau perbaikan yang harus dilakukan oleh mahasiswa, dosen pembimbing akan memberikan arahan dan saran.

Disinilah mahasiswa perlu mendengarkan secara seksama setiap arahan yang diberikan. Lakukan setiap arahan dari dosen dengan benar dan segera. Jangan menunda-nunda karena hal ini akan berakibat pada semakin lamanya pengerjaan skripsi, dan itu berarti semakin lama pula kamu bisa lulus dari kampus Teknik.

Nah, itu dia 7 tips agar bisa lulus dengan cepat dari kampus Teknik. Bagi kamu yang saat ini sedang menempuh kuliah di jurusan Teknik, bisa mulai menerapkan tips di atas tadi. Semoga saja bisa membantu khususnya untuk kamu yang punya target lulus cepat.

Selamat mencoba!


Gambar utama via burst.shopify.com