What's Hot
latest

1 Des 2018

8 Hal Menyenangkan yang Bisa Kamu Dapatkan Saat Kuliah Di Jurusan Teknik

kuliah di teknik sipil
Menjadi mahasiswa Teknik, tidak melulu seputar hal-hal yang menyedihkan ko’ gaes! Memang sih masalah kuliahnya yang keras karena harus menghadapi berbagai tugas, mulai dari jadwal kuliah yang padat, tugas praktikum, Tugas Besar (TB), laporan, makalah dan sebagainya, seringkali membuat kepala pening tujuh keliling.

Namun, dibalik semua itu, ada beberapa hal menyenangkan yang bisa kamu dapatkan saat menjadi mahasiswa Teknik. Setidaknya, 8 hal ini bisa kamu jumpai di kampus Teknik. Apa aja sih? Yuk intip!

1. Gudangnya Cowok Ganteng

Bagi sebagian jurusan Teknik, mahasiswanya memang mayoritas adalah laki-laki, seperti Teknik Mesin, Teknik Pertambangan atau Teknik Sipil. Jadi, tidak heran jika di Kampus Teknik banyak cowok-cowok ganteng.

Nah, kebetulan saya dulu kuliah di kampus Teknik yang masih tergabung dalam beberapa jurusan. Sebuah hal menyenangkan bagi mahasiswi seperti saya, kalau pas lagi bĂȘte kuliah bisa penyegaran mata dengan lihat cowok-cowok ganteng. Saking terkenalnya kampus Teknik dengan mahasiswanya yang ganteng, sampai-sampai fakultas lain juga bilang kaya gitu.

2. Lapangan Kerja Luas

Kuliah di Teknik memang terkadang tidak sepopuler jika kuliah di jurusan terkenal seperti kedokteran. Tapi perlu diketahui bahwa lapangan kerja yang bisa dimasuki oleh engineer ini luas. So, bergembiralah buat kamu para calon lulusan Teknik.

Salah satu jurusan seperti misalnya Teknik Sipil, bisa bekerja pada perusahaan, kontraktor atau bisa juga bekerja pada dinas seperti Dinas Pekerjaan Umum. Jika ingin bekerja secara freelance juga tidak masalah, sebut saja dari jurusan Teknik Arsitektur, dengan bakat dan keahlian menggambar bisa membuka peluang kerja berupa terima jasa desain gambar.

3. Terlihat Keren

Entah mengapa, pada sebagian orang ada yang menganggap mahasiswa atau mahasiswi Teknik itu keren. Ini bukan hoax ya! Terbukti dulu, salah satu kakak kost saya yang dari jurusan MIPA beranggapan demikian, katanya sih kalau orang bisa ng’gambar atau desain itu keren.

Yaaah… meski terkadang mahasiwa Teknik itu keadaannya kadang kucel, dekil dan tidak terawat akibat sibuk begadang ngerjain tugas, pada saat tertentu pula bisa jadi terlihat keren dan memesona kok! Apalagi kalau udah mandi hehe…

4. Bisa Magang Di Perusahaan Besar

Saat berada pada semester akhir, biasanya mahasiswa Teknik diharuskan magang. Nah, enaknya nih kita bisa milih ingin magang dimana, salah satunya di perusahaan besar.

Jika memenuhi kualifikasi atau kriteria yang dibutuhkan perusahaan, kita bisa ikut magang disana gaes. Asik banget bisa magang di perusahaan besar atau terkenal, selain dapat pengalaman dan ilmu, pastinya apa yang didapatkan selama magang bisa jadi bekal buat bekerja nanti.

5. Banyak Teman Dengan Latar Belakang Yang Berbeda

Di Teknik, kamu juga bisa menemui beragam orang dengan latar belakang yang berbeda. Bermacam karakter orang bisa kamu temui, ada yang pintar, cerewet, pendiam, culun, keren, ganteng dan masih banyak lagi.

Yang pasti nih, kalau lihat mahasiswa Teknik dan kamu belum terlalu kenal, jangan langsung nge-judge ya, karena dari pengalaman saya dulu, saya pernah tertipu dengan penampilan seseorang.

Jadi dulu sempat berpapasan dengan mahasiswa culun dari jurusan lain, saya sempat negative thingking gitu dan bilang “Ih apaan sih ni orang, cupu banget!” (tapi bilangnnya dalam hati lo yaa…) and then… selang beberapa waktu berlalu baru saya tau kalau tu orang pinter banget,,, saking pinternya IPK nya nyaris sempurna terus di tiap semester.

Benarlah kata pepatah ”Don’t judge poeple by the cover”!

6. Nggak Perlu Jaim

Untuk tugas lapangan atau proyek yang mengharuskan mahasiswa terjun langsung, tidak jarang membuat penampilan jadi kucel bahkan kotor, tapi itulah enaknya mahasiswa Teknik, penampilan kaya apapun ga masalah, ga perlu jaim atau takut dilihat tidak keren karena justru yang apa adanya lebih memikat!

7. Solusi Dibalik Setiap Masalah

Kuliah di Teknik juga mengajarkan banyak hal, terutama bagaimana mengatasi berbagai masalah dengan solusi berlandaskan ilmu pengetahuan. Hal ini pula yang akhirnya melatih diri saya untuk lebih kuat menghadapi berbagai masalah dalam kehidupan. Ya, seperti ilmu Teknik, selalu ada solusi di setiap masalah.

8. Dekat Dengan Angka, Rumus Dan Hitung-hitungan

Bagi yang suka hitung-hitungan, rumus dan angka, masuk jurusan Teknik Sipil atau Teknik lainnya memang pas. Pasalnya selama kuliah, akan banyak dijumpai hal-hal yang berbau hitungan, rumus dan angka, seperti misalnya bagaimana menghitung kekuatan sebuah struktur, kemiringan bangunan dan lainnya.

Semuanya diperhitungkan secara rinci dan berdasarkan ilmu, nggak bisa sembarangan gaes. Kalau sembarangan, bukan hanya risiko nilai tugas yang anjlok, tapi juga menyangkut hidup orang banyak nih.

Kebayangkan gimana kalau misalnya nanti waktu kerja trus salah perhitungan bikin jembatan atau bangunan, yang ada bisa rubuh. Itulah kenapa pekerjaan seorang engineer itu tidak terlihat tapi sangat penting perannya bagi orang banyak.


Gambar utama via pixabay.com